Baca ya hal penting sebelum pindah ke custom ROM

Enaknya yg sudah rooted dan instal recovery bisa bebas gontaganti ROM sesuka kita, namun sebelum melakukan pergantian ROM,ada hal yg harus diperhatikan sebelum mulai nge-flash ROM baru:

1.Baca komentar2 org di forum, perhatikan apa bugs-nya yg ada, jangan asal flash gitu aja. Bugs macam2 di custom rom, ada yg suara ga jalan, wifi ga jalan, camera/camcorder ga jalan, gps ga jalan, 3D bermasalah (jalanin beberapa game 3D force close), rada ngelag di autorotate screen (hrsnya vertikal eh msh horizontal)

2.Siapkan ROM asli, yaitu rom yg benar2 dalam kondisi pabrikan. Di HTC ada file RUU (ROM Update Utility) dgn bertipe .exe yg bisa didownload di shipped-roms.com, untuk tipe lain saya kurang tahu juga, di SE mgkin ada disebut SEUS. Saat terjadi bootloop parah jalan ini adalah satu2nya untuk perbaiki boot ke kondisi semula setelah batere dilepas rada lamaan.

Persiapan sebelum migrasi ROM:

1.Backup ROM penuh (nandroid backup):di recovery dah pasti didukung fitur tsb dimana kita dapat backup 1 rom penuh, isinya lengkap: aplikasi, settingan2, sms, kontak dalam keadaan sama persis dengan kondisi ROM saat itu. Jika terjadi kenapa2 atau ga puas krn ROM yg diflash.

2.Backup non ROM: ini ngebackup seperti aplikasi2 (versi terbaru tentunya) dgn menggunakan app manager (aplikasi yg ada menjadi apk), Titanium Backup (include data,aplikasi pastikan versi dah terbaru), My Backup Root (aplikasi backup lbh lengkap, restore aplikasi tanpa hrs confirmasi, sms juga ikut terbackup), SMS Backup & Restore (khusus untuk SMS saja, sms kadang menjadi hal yg penting utk disimpan sbg historis). Cara no-2 tetap harus dilakukan walau backup rom penuh dilakukan juga,utk recovery aplikasi bahkan sms juga ke rom yg baru. Kadang2 menyebabkan bootloop krn rom tertentu sehingga aksi restore rom (nandroid restore) tidak mungkin dilakukan, mo masuk rom saja boot loop, ambil data2 aplikasi juga tidak akan sempat terambil.Kalau sudah gini tentu akan kehilangan data2, update-an aplikasi harusnya pny yg baru malah adanya versi lama atau tidak pny sama sekali

3.Sinkronize kontak terbaru: kontak adalah benda terpenting juga,jika terjadi perubahan kontak (nambah atau update), jgn lupa backup dgn cara ke settings-account and syncronization, tap saja syncronize contact. Menggunakan aplikasi utk backup kontak juga bisa jika pgn offline. saya terbiasa langsung syncronize jika terjadi perubahan kontak.My Backup Root juga berfungsi untuk backup contact atau aplikasi laen di market.

Persiapan sudah, berarti langkah selanjutnya langsung flash aja custom ROM-nya tokh. Sebelum itu jgn lupa wipe dalvich-nya dari recovery atau lakukan terlebih dahulu wipe data/cache partiton/factory reset, kadang suka dilakuka n 2x agar benar2 bersih dan ke depan ga bootloop. Begitu sudah di-rom baru, langkah pertama adalah donlod file manager jika blm ada, nah dari file manager tentu yg diinstall duluan adalah aplikasi utk backup (titanbackup atau my backup root atau sms backup/restore untuk melakukan recovery data aplikasi atau sms atau kontak).

Isu bootloop adalah mungkin terjadi, ini biasa tergantung dari ROM-nya juga ato mgkin krn dalvich cache ato data ga diwipe dulu sebelum ngeflash. Bootloop yaitu boot berulang, habis muncul homescreen tiba2 boot lagi, dah masuk homescreen boot lagi, dst.Pernah karena mo swith dari 3G ke 2G atau 2G ke auto/3G menyebabkan boot loop, ingin restore app tertentu dari titan backup eh boot loop.Langkah backup no-2 itu lah sangat diperlukan makanya. Kadang jalan satu2nya adalah balikin ke kondisi awal/pabril dgn nge-flash RUU-nya.Ngeflash RUU menjadikan kondisi jadi unroot alias kehilangan root (yo gampang bisa root ulang tokh?)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: